10 Kota Paling TerModern Di DUnia


Meskipun teknologi telah begitu berkembang, nyatanya belum semua wilayah di dunia ini bisa menikmati beragam produk teknologi. Tak perlu jauh-jauh, bahkan tidak semua wilayah di Indonesia bisa mengakses internet, bukan? Sebaliknya, ada pula sejumlah wilayah di dunia ini yang memiliki akses sangat luas ke semua bentuk teknologi.

Sebelumnya di tahun 1890an, Paris disebut sebagai kota paling modern di dunia. Tapi sekarang, Paris dikenal tidak lebih dari sebuah kota museum yang dipenuhi berbagai bangunan kuno. Ada pula Detroit yang pernah mendapat julukan kota termodern di era industri Motor tetapi sekarang kota tersebut tak lebih dari kota yang dipenuhi arus urban akibat kejatuhan ekonomi Amerika berbeberapa puluh tahun lalu.

Sekarang di era internet ada sejumlah kota di dunia yang dipercaya sebagai kota paling moderen. Hal itu tak lepas dari kemudahan dalam mengakses beragam teknologi di masing-masing kota tersebut. Kota apa sajakah itu?

1. San Francisco Bay Area, Amerika
Kota San Fancisco disebut sebagai kota metropolitan paling canggih di dunia. Kota ini dilengkapi berbagi produk inovasi teknologi tinggi dan digital. Lihat saja, perusahaan IT ternama seperti Apple, Facebook, Google, Twitter, Eletronic Arts dan ribuat perusahaan IT lainnya ada di kota ini. San Francisco menjadi tempat terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan di bidang IT dengan cara magang di Apple, Google atau ribuan startups yang ada di seluruh penjuru kota.

Image credit : Flickr user cking


2. Helsinki, Finlandia
Helsinki adalah kota yang tenang dengan bangungan-bangunan model Skandinavia masih tersisa di beberapa sudut kota. Di balik kesan jadulnya itu, Helsinki justru dikenal sebagai salah satu kota termodern di Eropa. Di kota ini Anda bisa menemukan zona WiFi tersebar dimana-mana. Markas besar perusahaan ponsel Nokia juga ada di sini. Bagi Anda yang ingin merasakan kehidupan kota modern Eropa dengan sentuhan sejarah abad masa lalu, Helsinki bisa menjadi pilihan terbaik.

Image credit:Flickr user Debarshi Ray


3. Yokohama, Jepang
Kota Yokohama telah mengalami pembaruan yang luar biasa di segala bidang. Selama bertahun-tahun Yokohama tertutup kemodernan Tokyo namun dengan usaha keras kota ini sekarang telah menjadi kota super modern yang tidak lagi dibandingkan dengan ibu kota Jepang. Salah satu inovasi modern di kota Yokohama adalah renovasi pelabuhan tua Minato Mirai 21. Pelabuhan ini dibangun ulang menjadi gedung pencakar langit yang mengedepankan desain berbahan kaca dan logam dan menjadi gedung paling tinggi di Jepang. Perusahaan otomotif dan elektronik seperti Nissan dan JVC bermarkas di Yokohama sementara Sony juga memiliki sebuah gedung pusat penelitian di kota ini.

Image credit:Flickr user akumach


4. London, Inggris
Berbagai gedung tua memang masih dipertahankan sebagai ciri khas London tetapi kota ini juga telah menjadi salah satu kota paling modern di Eropa. Teknologi inovasi di bidang transportasi, Oyster Card, dimulai di kota ini. Oyster Card memungkinkan para penumpang tidak lagi perlu membayar biaya transportasi dengan uang tunai. Sementara bandara Heathrow juga memiliki teknologi canggih yang menghubungkan airport ini dengan semua jalur kereta api di London. Heathrow juga merupakan pendahulu untuk sistem Urban Light Transit, yaitu sebuah alat tranportasi dengan desain futuristik yang mampu mengambil penumpang dari airport ke sejumlah pos tujuan penerbangan.

Image credit:Flickr user conorwithonen


5. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Abu Dhabi adalah kota mewah sekaligus modern. Penggunaan teknologi tinggi hingga teknologi ramah lingkungan bisa Anda temukan di kota ini, demikian halnya dengan pusat-pusat seni dan budaya. Dubai adalah kota ‘buatan’ yang didesain oleh para arsitek kelas dunia, seerti Zaha Hadid, Daniel Libeskind, Sir Norman Foster, Jean Nouvel dan Frank Gehry. Tak heran jika Dubai memiliki seni artistektur modern dilengkapi teknologi penunjang yang tak Anda temukan di kota lain.

Image credit:Flickr user slleong


6. Brasilia, Brazil
Brasilia disebut sebagai kota paling modern di kawasan Amerika Latin. Pemerintah membangun banyak gedung-gedung modern yang menyertakan seni arsitektur dan teknologi mutakhir untuk menjadikannya nyata.

Image credit:Flickr user jvc


7. Bangalore, India
Teknologi informasi berkembang sangat pesat di kota Bangalore. Kota ini diisi oleh para profesional IT, termasuk para developer aplikasi untuk Android. Bahkan 35% pekerja IT di India bermukim dan bekerja di Bangalore. Kota ini dipenuhi gedung-gedung perkantoran, pabrik dan pusat-puat penelitian yang semuanya berkaitan dengan IT. Bahkan pusat penelitian milik Dell, Volvo, Motorola dan LinkedIn juga berpusat di Bangalore.

Image credit:Flickr user Ajith_chatie


8. Tel Aviv, Israel
Tel Aviv adalah salah satu ibu kota termuda di dunia. Meski demikian, kota ini telah menjadi kota kaya yang memiliki arsitektur Bauhaus hingga 5000 gedung, pantai yang dibangun sangat modern dan ratusan cafe bisa Anda temukan di tiap sudut kota. Tel Aviv juga merupakan kota paling ramah lingkungan dengan sebuah bandara yang dibangun di atas bekas tumpukan pembuangan sampah. Bahkan listrik di kota ini tidak pernah mengalami pemadaman karena suplai dan teknologi yang dipakai mampu menerangi seluruh kota terus-menerus selama 24 jam.

Image credit:Flickr user Christian Haugen


9. Toronto, Kanada
Toronto adalah satu-satunya kota modern di dunia yang memiliki kultur beragam. Itu karena 50% dari penghuni Toronto bukanlah orang asli kota tersebut, melainkan pendatang dari kota atau negara lain di luar Kanada. Dengan berbagai macam negara asal imigran, Toronto kini memiliki lebih dari 140 bahasa untuk komunikasi harian penduduknya. Namun beragam etnis tersebut tidak menghalangi Toronto untuk menjadi kota modern karena justru memunculkan budaya baru yang bisa dilihat dari desain gedung-gedung serta adanya pusat-pusat pendidikan dan riset modern.

Image credit:Flickr user paul (dex)


10. Hong Kong
Dibanding kota lain di Asia Timur dan Tenggara, Hong Kong disebut sebagai kota yang paling modern. Kota ini bahkan memiliki akses ke teknologi ultra-tinggi dengan digital display di sisi jalan-jalan raya, gedung-gedung pencakar langit serta rata-rata penduduknya yang mengerti perkembangan IT plus tingginya tingkat ketergantungan pada smartphone. Hong Kong merupakan kota yang cukup berhasil meniru kecanggihan dunia Barat.

Image credit:Flickr user No Lands Too Foreign

Artikel ini diambil dari
http://gadget.gopego.com/2012/10/ini-dia-10-kota-paling-melek-teknologi


Related Posts:

0 Response to "10 Kota Paling TerModern Di DUnia"

Post a Comment