10 Proyek Tunggal Termahal Di DUnia (Bagian II)

Hal-Hal Aneh DIDUnia 97
4. James Bay Project (biaya: 13,8 miliar)

The James Bay Project menunjuk pada konstruksi dengan utilitas BUMN Hydro-Québec serangkaian pembangkit listrik tenaga air di Sungai La Grande di barat laut Quebec, Kanada, dan berdekatan dengan anak sungai  ke Grande DAS La.

The James Bay Project

Dam Ini yang terletak di antara Teluk James di sebelah barat dan Labrador ke timur dan perairan mengalir dari Dataran Tinggi Laurentian dari Kanada Shield.

Proyek ini meliputi daerah seluas ukuran Negara Bagian New York dan merupakan salah satu sistem pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia. Proyek ini telah memakan biaya hingga $ 13 miliar dolar AS  serta memiliki kapasitas pembangkit terpasang 16.000 megawatt, sebanyak tiga kali lebih dari seluruh pembangkit listrik pada Air Terjun Niagara, delapan kali kekuatan Hoover Dam, dan dua kali lebih besar dari delapan reaktor unit pada Stasiun PLTN Bruce, yang terbesar di Amerika Utara.

Jika sepenuhnya diperluas untuk mencakup semua bendungan yang direncanakan semula, serta tambahan "James Bay II" proyek, sistem akan menghasilkan total 27.000 MW, sehingga sistem pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

Negara: Canada
Tahun selesai: 1972
Biaya: 13,8 miliar


5. CVN-78 Class Aircraft Carrier (Biaya: $ 8,1 Miliar)

Kapal induk CVN-78  class (atau Ford-class) merupakan kapal induk  yang direncanakan bagi supercarrier untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, yang direncanakan mengganti operator Nimitz-class saat ini.

Desain CVN-78 Class Aircraft Carrier

Kapal baru ini akan menggunakan desain lambung yang sangat mirip dengan operator Nimitz, namun banyak aspek desain akan jauh berbeda, menerapkan teknologi terbaru yang dikembangkan dari desain awal kelas sebelumnya (seperti Electromagnetic Aircraft Launch System), serta berbagai fitur desain lain yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan biaya operasional, termasuk pengurangan persyaratan awak kabin. Lambung baris pertama tersebut diberinama Gerald R. Ford, dengan nomor lambung CVN-78.

CVN-78 Class Aircraft Carrier

Negara: Amerika Serikat
Tahun selesai: 2015 (diharapkan)
Biaya: $ 8,1 Miliar

6. Alaska Pipeline (Biaya: $ 8 Miliar)

Trans-Alaska Pipeline System (TAPS), mencakup Trans-Alaska Pipeline, 11 stasiun pompa, beberapa ratus mil dari pipa pengumpan, dan Marine Terminal Valdez.

Trans-Alaska Pipeline System (TAPS)

TAPS biasa disebut Alaska Pipeline, Trans-Alaska Pipeline, atau Alyeska Pipeline, namun istilah-istilah teknis hanya berlaku untuk 800,302 mil (1,287.961 km) dari pipleline dengan diameter 48 inci (122 cm) yang menyalurkan minyak mentah dari Prudhoe Bay, kepada Valdez, Alaska. Pipa minyak mentah milik perusahaan swasta  Alyeska Pipeline Service Company.

Trans-Alaska Pipeline System (TAPS)

Pipa ini dibangun antara tahun 1974 dan 1977 setelah krisis minyak tahun 1973 menyebabkan kenaikan tajam harga minyak di Amerika Serikat. Kenaikan ini membuat eksplorasi ladang minyak Prudhoe Bay semakin ekonomis.

Negara: United State
Tahun selesai: 1977
Biaya: $ 8 Miliar

7. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto (Biaya: $ 7,2 Miliar)

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto berlokasi di Pulau Olkiluoto, yang terletak di pantai Teluk Bothnia di kotamadya Eurajoki di barat Finlandia. PLTN ini merupakan salah satu dari dua pembangkit listrik tenaga nuklir Finlandia, selain Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  dua unit VVER Loviisac.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto ini terdiri dari dua BWRs dengan 860 MWe. PLTN ini dipasok oleh ASEA-Atom, kini menjadi bagian dari ABB Group.  PLTN ini dioperasikan oleh Teollisuuden Voima, merupakan anak perusahaan dari Pohjolan Voima.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto

Unit tiga, EPR pertama (European Pressurized Reactor air) masih di bawah konstruksi, tetapi dengan berbagai permasalahan pengerjaan dan pengawasan telah membuat penundaan menjadi semakin mahal, dan menjadi subjek penyelidikan oleh lisensi STUK.A regulator nuklir Finlandia untuk reaktor keempat diberikan oleh parlemen Finlandia pada bulan Juli 2010.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto

Negara: Finlandia
Tahun selesai: 2012 (diharapkan)
Biaya: $ 7,2 Miliar

Bersambung ...

Artikel ini diambil dari
http://www.memobee.com/10-proyek-tunggal-termahal-di-dunia-bagian-ii-9528-eij.html

Related Posts:

0 Response to "10 Proyek Tunggal Termahal Di DUnia (Bagian II) "

Post a Comment